Ada yang alergi ketika saya sebut membuat website. Mungkin karena ia belum mampu membuat website. Atau belum begitu memahami pentingnya sebuah website untuk bisnis yang ia jalankan.

Maka, melalui tutorial mengembangkan bisnis melalui website ini, Anda nanti akan mempelajari:

  1. Mengapa bisnis Anda harus memiliki situs online (website)?
  2. Bagaimana website bisnis dapat membantu Anda dan pelanggan mencapai tujuan?
  3. Bagaimana cara membuat website yang baik?

1# Mengapa bisnis Anda harus memiliki situs online (website)?

Untuk lebih memahami konsep ini, silakan pahami ilustrasi berikut:

Bayangkan Elly memiliki “Elluminati”, toko lampu hias. Desain tokonya dibuat untuk menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan sekaligus menampilkan keahliannya membuat lampu hias.

Ilustrasi : Toko lampu hias milik Elly

Tapi saat mencoba membuat website, dia berpendapat bahwa karena perusahaannya adalah bisnis sederhana, desain dan isi websitenya tidak begitu penting.

Apakah Anda setuju dengan pendapat Elly bahwa desain dan isi website tidak begitu penting?

2# Bagaimana website bisnis dapat membantu Anda dan pelanggan mencapai tujuan?

Sebenarnya, website adalah perpanjangan bisnis Anda. Sama seperti lokasi bisnis yang strategis. Anda juga ingin website bersifat efektif/strategis, maksudnya seperti menampilkan merek, dan mengubah orang yang semula melihat-lihat menjadi pembeli.

Ayo cari tahu jenis website seperti apa yang dapat membantu Elly melakukan itu?

Website mana yang lebih efektif?

INI ATAU ITU
Tepat
Website yang baik akan memberikan informasi penting (alamat/no. telp) kepada orang yang melihat dan memungkinkan untuk belanja online, serta menampilkan keahlian Elly membuat lampu hias.
Salah
Website yang baik akan memberikan informasi penting (alamat/no. telp) kepada orang yang melihat dan memungkinkan untuk belanja online, serta menampilkan keahlian Elly membuat lampu hias.

Share your Results:

3# Bagaimana cara membuat website yang baik?

a. Domain

Langkah pertama untuk membuat website yang baik adalah menemukan lokasi strategis. Di internet, ini diwakili oleh nama domain yang baik (alamat website).

Gunakan perangkat seperti GoDaddy atau Google Domains untuk mengecek nama domain yang tersedia dan mendaftarkannya. Jangan lupa untuk memperbarui kontrak setiap tahun agar tidak kehilangan nama domain tersebut.

Anda juga dapat mengecek ketersediaan domain yang lebih murah melalui https://www.niagahoster.co.id/domain-murah/

Pertimbangkan untuk menyertakan keyword (kata kunci) di alamat website. Elluminati adalah nama yang menarik tapi orang mungkin tidak dapat menemukannya jika melakukan pencarian untuk lampu hias. Penambahan “lampu” atau “hias” akan membantu orang menemukan bisnis Elly dengan lebih mudah.

Pakai tipe/jenis .com jika tersedia, karena itu tipe/jenis nama domain yang paling dikenal luas.

b. Email

Siapkan alamat email khusus pada domain, seperti [email protected] Ini akan membuat bisnis Anda terlihat profesional, dan membantu meningkatkan kesadaran merek bagi setiap orang yang dikirimi email.

Bisa juga memakai perangkat G Suite dari Google untuk menyiapkan email khusus itu.

Website Anda harus memenuhi kebutuhan pelanggan, sekaligus membantu mencapai tujuan bisnis seperti meningkatkan penjualan, atau memperbanyak kemungkinan bisnis.

Untuk meningkatkan kesadaran merek/produk Anda, mulai dengan hal dasar: nama bisnis, lokasi, dan kontak detail. Pertimbangkan untuk menempatkan kontak detail di bagian bawah (footer) setiap halaman dan arahkan pelanggan untuk mengirim email atau menelepon jika memiliki pertanyaan.

c. Tentang kami (about us)

Sertakan bagian “tentang kami” yang menjelaskan kegiatan dan prinsip bisnis Anda. Hubungkan ke akun media sosial bisnis, serta cantumkan biodata karyawan dan ulasan pelanggan untuk membantu pengunjung mengenai bisnis Anda.

Contoh : halaman tentang kami : https://ciptacendekia.com/about/

d. Fitur Unik

Selanjutnya, sertakan fitur unik bisnis Anda, misalnya jika membuat lampu hias khusus. Elly mungkin ingin menyediakan halaman yang memungkinkan pelanggan merancang lampu hias mereka sendiri atau melihat desain berbeda untuk mendapatkan inspirasi.

e. Hubungi kami (contact us)

Agar bisnis Anda dapat dihubungi dengan mudah dan terhubung dengan pelanggan, buat formulir pada halaman “hubungi kami”, tempat mereka memasukkan rincian data mereka. Jangan meminta terlalu banyak informasi, atau mereka tidak akan mengisinya.

Contoh halaman hubungi kami : https://ciptacendekia.com/contact-us/

g. Kelengkapan

Mesin pencarian menjelajahi kata-kata dari halaman website Anda untuk memahami tentang website tersebut, jadi sebaiknya isi website memakai teks deskriptif.

Untuk memastikan mencakup semua informasi yang relevan, gunakan 5 W: who(siapa) [Elluminati], what (apa) [toko lampu hias], when (kapan) [pukul 10-6 setiap hari], where (di mana) [Blok A Fatmawati], dan why (mengapa)[lampu hias oleh designer lampu profesional, Elly].

h. FAQ

Jika menurut Anda menjelaskan produk atau jasa secara lebih rinci dapat berguna, buat bagian pertanyaan yang sering diajukan (FAQ = Frequently Asked Question) untuk memungkinkan pelanggan mempelajari perusahaan Anda lebih lanjut.

Contoh halaman faq: https://ciptacendekia.com/faq/

i. Konsisten

Terakhir, pastikan menggunakan ukuran huruf, warna, dan elemen desain lainnya secara konsisten di seluruh website Anda. Karena sangat penting untuk terlihat rapi dan profesional.

 

 

Lakukan sekarang.

Sekarang, Anda telah mengerti bagaimana desain website dan isinya dapat membantu bisnis Anda. Mari kita evaluasi website Anda sendiri atau milik kompetitor Anda.

Apa website mudah ditemukan melalui pencarian online?

Apa rincian kontak di website mudah ditemukan?

Apa tujuan yang ditentukan, seperti melakukan pembelian, mudah dilakukan?

Apa website memiliki halaman "tentang kami'?

Apa penggunaan huruf, warna, dan desain konsisten di seluruh website?

Apa ada link (tautan) ke akun media sosial?

Apa ada bagian FAQ?

EVALUASI WEBSITE MILIK SENDIRI ATAU KOMPETITOR
Sepertinya website yang Anda evaluasi membutuhkan beberapa penyempurnaan.
Jika mengevaluasi website sendiri, buat daftar kemungkinan perubahan dan luangkan waktu untuk menyelesaikannya. Jika Anda bekerja sama dengan pengembang website, diskusikan dengannya mengenai cara untuk menerapkan ide Anda.
Sepertinya website yang Anda evaluasi telah dimulai dengan baik.
Jika mengevaluasi website Anda sendiri, lihat elemen apa saja yang dapat ditambahkan untuk membuatnya lebih ramah pelanggan. Selain itu, pertimbangkan untuk menyiapkan akun email bisnis jika belum memilikinya.

KESIMPULAN TUTORIAL MENGEMBANGKAN BISNIS MELALUI WEBSITE

POINT UTAMA

  1. Website adalah tempat orang dapat menemukan informasi tentang bisnis Anda, mempelajari merek, dan melakukan pembelian.
  2. Website harus dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan pelanggan dan mencapai tujuan bisnis seperti mendorong penjualan, meningkatkan kesadaran, serta mengumpulkan kemungkinan bisnis.
  3. Website harus menggunakan bahasa dan gaya secara konsisten serta memiliki fitur yang khas bagi bisnis Anda.

Demikian, tutorial tentang mengembangkan bisnis melalui website ini kami sampaikan.

Selanjutnya jika Anda tidak tahu caranya membuat website, silakan ikuti kursus online kami tentang membuat website toko online (online shop) melalui tombol di bawah ini:

Kursus Membuat Website Toko Online untuk Pemula >

 

Sumber : Aplikasi Google Primer

 

Demikian tutorial tentang mengembangkan bisnis melalui website yang kami ambil dari aplikasi google primer ini. Jika Anda merasa tutorial ini bermanfaat, silakan share tutorial ini melalui akun media sosial yang terletak di bawah artikel ini.

Sukses selalu untuk Anda.

Salam hangat,

Wiji Hatmoko.