Hari ini tanggal 7 Desember 2018, WordPress 5.0 resmi dirilis. WordPress 5.0 ini diberi nama dengan “Bebo” oleh para pengembangnya. Dan Anda bisa mengunduh versi terbarunya di wordpress.org. Tentu saja, sebelum mengupdate ke versi ini pastikan Anda telah melakukan backup database dan backup file wordpress Anda.

Dikarenakan versi 5.0 ini merupakan mayor update (update besar) dibandingkan dengan versi 4.9.8  maka untuk upgrade wordpressnya pun meminta persetujuan admin. Berbeda dengan minor update yang secara otomatis akan melakukan upgrade otomatis melalui jendela wp-admin.

Ini adalah tampilan pemberitahuan Update WordPress  

Video Tentang WordPress 5.0

For privacy reasons YouTube needs your permission to be loaded.
I Accept

Fitur Terbaru WordPress 5.0

1# Gutenberg

Setelah Anda mengupgrade versi wordpress Anda ke versi ini, akan ada perubahan besar pada tampilan editor pos Anda. Perubahan besar pada tampilan edit post yang berbentuk kotak-kotak ini disebut dengan Gutenberg. Editor Gutenberg dipercaya akan mengubah pengalaman membuat postingan di WordPress secara total.

Gutenberg adalah editor WordPress dengan interface baru yang berdasarkan Block Based User Interface (UI). Itu artinya semua komponen halaman website ditampilkan dalam bentuk kotak-kotak modular. Dengan begitu setiap komponen halaman dapat dipindahkan di mana saja dalam halaman dengan mengklik kotak tertentu.

Berikut ini tampilan Guttenberg:

tampilan guttenberg

Jika pada versi tampilan editor pos yang lawas kita disuguhkan pada tampilan yang sederhana, simpel, dan mudah. Bahkan untuk menambahkan gambar, galeri, shortcode, video, dan elemen lainnya. Tapi pada tampilan guttenberg ini Anda akan disuguhkan pengalaman yang benar-benar berbeda. Secara bawaan, Anda akan disuguhkan dengan tampilan blok hampir pada semua elemen.

Berikut ini cara memanfaatkan fitur Guttenberg

a. menambahkan blok

 

  1. Klik pada tombol + di sebelah kiri atas editor pos
  2. Pilih blok yang diinginkan. Gunakan scroll ke bawah untuk menampilkan blok yang lain.

Selain cara tersebut, ada cara lain yaitu dengan mengeklik tombol enter setelah selesai menulis paragraf.

Tampilannya akan seperti ini:

   

b. Mengedit Blok

Untuk mengganti blok, silakan arahkan kursor pada tanda + tersebut, kemudian akan muncul pilihan blok seperti berikut:

c. Pengaturan

Sedangkan untuk melakukan pengaturan terkait penyimpanan, preview, publish, permalink, pengaitan dengan kategori dan tag, dan lainnya tampilannya sedikit berubah dengan tampilan versi lama.

 

Keuntungan Gutenberg menurut saya pribadi:

  • Pengalaman baru. Saya menyukai hal yang sifatnya baru. Jadi dengan tampilan editor yang baru ini membuat intuisi menulis lebih produktif.
  • Drag and drop. Untuk mengubah tata letak paragraf, kini tidak perlu cut and paste tapi berubah menjadi drag and drop.
  • Gratis. Di saat fitur drag and drop ini biasanya berbayar untuk beberapa plugin premium, kini dengan WordPress 5.0 kita sudah bisa menikmatinya secara gratis.

Sisi kelemahan saya menggunakan Guttenberg:

  • Belum bisa membuat kolom seperti halnya menggunakan plugin berbayar.
  • Masih belum lancar menggunakan fitur ini. Perlu waktu dan penyesuaian.
  • Masih kesulitan mengubah ukuran dimensi gambar.
  • Ketika saya membuat tulisan rata kanan dan rata kiri, biasanya saya menggunakan shortcut SHIFT + ALT + J, tapi ternyata tidak berfungsi di Guttenberg.

Bagaimana jika saya tidak ingin menggunakan Gutenberg?

Jika Anda merasa kesulitan untuk memanfaatkan fitur gutenberg ini, mungkin dikarenakan lebih menyukai editor lama, atau Anda tidak terbiasa maka Anda bisa kok mengembalikan ke editor lama. 

Caranya silakan instal dan aktifkan plugin yang bernama classic editor.

 

2# Tema Twenty NineTeen (2019)

WordPress 5.0 dibundling dengan tema terbarunya yaitu Twenty Nineteen. Tema ini adalah salah satu tema yang minimalis untuk membuat blog atau membangun sebuah website.

 

Tema Twenty Nineteen ini didasarkan pada tema awal untuk Gutenberg. Yang mana tema ini sangat sesuai dengan editor wordpress Gutenberg ini.

Salah satu tema yang menawarkan tampilan yang minimalis, membuat Anda bebas bereksperimen dengan editor baru ini. Anda juga bisa membuat tampilan pos dan halaman sesuai dengan kreasi Anda.

 

Kesimpulan:

WordPress kini melakukan perubahan besar di dalam tampilan editor posnya. Mau tidak mau kita juga perlu menyesuaikan dengan perubahan besar ini.

Saya menyarankan agar melakukan backup terlebih dahulu website Anda sebelum melakukan update ke versi wordpress 5.0 ini. 

Jika ingin menguasai Gutenberg ini, ada baiknya Anda melakukan uji coba menginstal wordpress 5.0 ini di localhost komputer Anda. Ini lebih aman, dan lebih cepat melakukan eksperimen untuk menguasai segala fitur yang dibawa oleh Gutenberg dari pada melakukan upgrade secara langsung di website Anda.

Jika Anda lebih menyukai dengan tampilan editor lama, silakan instal plugin classic editor. Jangan sampai, gara-gara belum mahir menguasai Gutenberg, kreatifitas menulis Anda menjadi terganggu.

Tapi tetap ingat, bahwa perubahan itu penting. Anda tetap harus menguasai editor baru ini, karena ke depannya WordPress dan para pengembang lainnya pasti juga mengikuti perubahan zaman.

 

Semoga bermanfaat.